Thursday, May 6, 2010

Ada Harapan.. (Masih Soal Komputer Rusak)




Alhamdulillah..

Itu yang saya ucapkan ketika ada sedikit asa untuk menyelamatkan data-data di partisi C. Senang karena ada harapan untuk menyelamatkan semua data di tiga partisi, C, D, dan E. Walaupun sekarang saya bingung mau diback-up di mana itu data-datanya, tapi setidaknya ada titik cerah di atas masalah saya. Masalah komputer rusak yang bikin saya stres banget. Udah gak bisa melihat indahnya layar yang lebar, gak bisa pegang-pegang dan meraba-raba kibor komputer (apa sih??), sampe panik dan nelangsa untuk mengikhlaskan data-data saya.

Nampaknya terima kasih saya harus diucapkan kepada penemuan piranti lunak terbuka tak berbayar, alias Linux Ubuntu. (Asli bukan iklan dan bukan promosi) Karena dari sistem operasi tersebut, saya bisa membuka komputer saya yang udah gak mau lagi ditowel-towel isinya lagi, selain harus diinstal ulang. (Ya, saya tau saya norak dan gaptek. Silahkan tertawakan saya untuk hal sesederhana ini, dan saya gak ngerti apa-apa..)


Ya, saya tau emang suatu kebodohan yang amat sangat tak termaafkan kalo nyimpen data di partisi C. Karena kalo komputernya kena virus ato kenapa-napa, bisa langsung diinstal ulang ato recovery dan semua data di partisi lainnya selamet. Kalo denger omelan temen-temen saya, pasti bikin kuping panas dan makin ngerasa malu.

“Masa gak pinter-pinter sih?? Partisi C itu untuk sistem, bukan untuk nyimpen data”.

“Iya, saya tau, saya ngerti. Saya juga gak bego-bego amat kok”.

“Iya, gak bego, cuma agak bodoh. Hahaha..” (Halah, apa bedanya?!) “

“Itu kan gara-gara kemaren aja banyak kerjaan, terus enak aja kalo naro file-filenya langsung di desktop. Gak usah ribet-ribet buka-buka folder lagi. Lagian biasanya kan kl abis ditaro di desktop, disave di partisi lainnya juga. Cuma kemaren aja belum sempet siapa-apain, tau-tau pas paginya dibuka komputernya udah tewas”.

Tetep aja saya kasih alesan. Tetep gak mau disalahin, dan gak mau dibilang bodoh. Hahaha..

Setelah kemarin akhirnya saya bawa ke seorang teman yang biasa mengutak-atik komputer saya, akhirnya bisa melihat bahwa ada secercah harapan di sana. Bahwa data-data partisi C saya bisa diselamatkan. Yeeeeaaaa!! (Tetep norak karena girang..)

Katanya sih kalo pake OS tak berbayar itu, bs buka komputer secara normal dan bisa browsing isi komputer secara biasa. Dan ternyata terbukti lho! (Beneran bukan promosi..) OS yang saya pandang sebelah mata karena saya gak ngerti cara pakainya (sekarang juga masih bingung), sekarang jadi saya elu-elukan karena telah menyelamatkan hidup saya. (Yee, berlebihan..) Sekarang ini malahan saya coba ngetik pake word prosesornya OS itu. Ngetes, saking gatelnya pengen nulis pake kibor komputer beneran. (Ini sebenernya lagi ngomongin komputer rusak apa ngomongin OS sih??)

Yah, pokoke gitu deh. Saya senang data partisi C saya sudah berhasil dikopi keluar. Tinggal nyari ato minjem (beli kaleeee!!..) external harddisk buat nyimpen sisa puluhan data yang lainnya. Karena saya tidak berhasil minjem, kayaknya harus beli. Hiks.. Emang tetep rejekinya saya jadi HARUS ketika sudah BUTUH. Kalo cuma sekedar “pengen karena nanti butuh” tetep aja ujung-ujungnya gak kebeli karena banyak alasan ato situasi yang tidak memungkinkan. Sekarang kayaknya sih memang sudah waktunya beli barang-barang teknologi yang saya butuhkan itu, jadi harus kebeli.

Alhamdulillah, tetep bersyukur dan ambil hikmahnya. .



-Lembayung-
060510 03.08

No comments:

Post a Comment