Wednesday, May 9, 2012

World Lupus Day 2012: Mengenal Lupus Lebih Dekat



Welcome, May!

Bulan Mei itu selalu mengingatkan saya sama peringatan hari Lupus sedunia. Daaaan, saya mau ngajakin kalian dateng ke acara peringatan tahunan yang namanya World Lupus Day nih.

Ada yang tau atau pernah denger Lupus? Ada yang teman atau saudaranya mengidap penyakit Lupus ini? Atau bahkan salah satu warga Ngerumpi ada yang merupakan Odapus? Naaaah, acara ini penuh informasi penting buat kalian. Dan acaranya juga gratis! :)

Apa sih yang terlintas di kepala kalian kalau dengar penyakit Lupus? Mungkin secara umum berita yang beredar tentang penyakit Lupus, yang terpikir mungkin penyakit langka, ganas, berbahaya, setara dengan kanker, dan sebagainya. Naaah, di rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Lupus Indonesia (YLI) ini pasti bisa memberikan informasi yang benar dan tidak simpang siur.



Saya jelasin secara singkat yaaa.. Lupus adalah suatu penyakit autoimun. Mudahnya sih, kondisi kelebihan imun di dalam tubuh. Semacam kebalikan AIDS. Pada Lupus, antibodi yang dibuat oleh tubuh bukan bersifat melindungi, namun malah merusak berbagai organ tubuh. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan penyakit seribu wajah. Kenapa disebut begitu? Karena Lupus bisa "menyamar' menjadi penyakit apa aja. Hal itu bisa terjadi karena imun di tubuh itu menyerang bagian organ tubuh tertentu.

Secara persentase, pengidap Lupus ini mayoritas memang perempuan. Walaupun ada juga laki-laki yang mengidap penyakit ini. Lupus World Day ini diperingati secara global tiap tahun pada tanggal 10 Mei. Jadi setiap tahun di bulan Mei, Yayasan Lupus Indonesia mengadakan rangkaian acara untuk ikut memeringati Hari Lupus sedunia.

Acaranya dua hari, sabtu dan minggu. Sabtu siangnya, teman-teman Odapus akan turun ke jalan untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang penyakit Lupus. Keluar dan panas-panasan siang bolong pas matahari terik, itu gak gampang banget buat mereka. Walapun sosialisasinya sebenernya udah sore sih, tapi Odapus itu pada dasarnya 'musuhan' sama sinar matahari. Kebanyakan Odapus itu memliki sensitivitas yang tinggi terhadap sinar matahari. Umumnya kalau bertemu dengan paparan sinar matahari, kulit mereka akan terasa terbakar dan kemudian muncul ruam merah pada kulit. Pada sebagian Odapus juga bisa diikuti dengan demam atau nyeri sendi, apabila terkena paparan sinar matahari yang terlampau besar. Ohiya, Buat yang belum tau, Odapus adalah sebutan bagi pengidap Lupus, yaitu singkatan dari "Orang dengan Lupus"

Kalau acara hari Sabtu sepertinya bertepatan sama arisan ngerumpi sih, tapi tenang biasanya #WLD sampai malam banget kok. Acaranya dibagi dua juga. Kalau kelar arisan Ngerumpi, bisa banget tuh dateng rame-rame ke sana. :D Malamnya masih ada Malam lilin, isinya kurang lebih semacam malam renungan dan juga mengenang Ibu Menkes kita. Kalo bisa sih nanti pas dateng, bawa lilin ya! :)

Dalam Rangka Hari Lupus Dunia - Indonesia 2012.
"SPIRIT AND INSPIRATION"

Yayasan Lupus Indonesia (YLI) akan mengadakan kegiatan rangkaian WLD pada :

SABTU, 12 Mei 2012, bertempat di Taman Menteng Jl.Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat.
1. Branding On The Street ( Sosialisasi turun ke jalan )
Waktu : 16.00 - 17.30 WIB

2. Malam Lilin ( Malam Renungan, mengenang Ibu Menkes, Wamen ESDM dan Sahabat - sahabat Odapus )
Waktu : 19.00 - 21.00 WIB
Dress Code : Santai -Rapi, (Bila memungkinkan nuansa Biru)

Minggu, 13 Mei 2012 bertempat di Aula PMI, lantai 5. Jl.Kramat Raya No.47 Jakarta Pusat .

Talk Show " Kilas Balik Topik - Topik Ilmiah Yayasan Lupus Indonesia Tahun 1998 - 2011 "
Narasumber :
- Prof.dr. Zubairi Djoerban
- dr.Dyah A.Waluyo
- Share dari Odapus untuk Odapus

Free / Gratis...Undangan Terbuka untuk umum

Ohiya, kalau mau ngetwit juga boleh banget. Kalo tadi sih saya ngetwit pake hestek #WLD. Biar pendek dan gampang aja. xD Peringatan WLD dua tahun kemarin sih saya selalu datang, insyaallah tahun ini saya juga akan datang kalau memungkinkan.

Sampai ketemu di WLD 2012 yaaaaa! :D


Gambar diambil dari sini.

No comments:

Post a Comment