Saturday, August 29, 2015

Cerahnya Kumpul Sore di #NewSbux Store di JIEXPO Kemayoran



Hari ini diundang lagi sama Starbuck Indonesia untuk datang menghadiri syukuran atas dibukanya gerai baru di JIexpo. Jauh ya? Iya. Kalo dari daerah saya sih. Tapi kalo buat yang tinggal di wilayah utara sih enggak. Cuma mungkin lokasinya aja yang agak 'njelimet' buat yang kurang familiar. Gerainya sendiri nempel sama Hotel Holiday Inn Express, masih masuk di dalam kompleks JIexpo Kemayoran. Lumayan banget kan, kalo lagi ada acara di JIexpo dan mau ngopi-ngopi lucu bisa langsung cuss meluncur ke situ.

Coffeebelt di tembok Starbucks


Ngomongin soal lokasi lengkap, nanti alamat jelasnya saya tulis di akhir blog yaa.. Saya mau cerita soal tema tokonya dulu nih. Temanya tokonya kayu-kayuan gitu. Bahkan lantainya pun kayak dilapisin kayu, yang padahal bukaaan. Ternyata semen lho. Cuma dibentuk menyerupai potongan kayu gitu, lengkap sama serat kayu juga. Jadi dapat inspirasi mau bikin lantai kamar saya kaya gitu juga nih, terus lantai semen kayunya dicampur sama tegel beneran pasti lucu.


Kalo dilihat secara interior sih, penataannya kurang lebih sama kaya gerai Starbucks lainnya. Khas Starbucks yang rapi dan efisien. Dengan pembagian outdoor dan indoor untuk yang merokok dan tidak. Mempermudah pelanggan untuk menganti dan memesan makanan dan minuman. Nih foto-foto interior Starbucks JIExpo!








Seperti biasa, kalo ada undangan syukuran dan kumpul hore dari Starbucks itu pasti ada ritual khususnya, yaitu coffee tasting. Nyicipin kopi racikan spesial dari Starbucks. Coffee tasting kali ini kami nyicipin House Blend, yang merupakan kopi pertama milik Starbucks. Dibuat dengan alat french press dan diseduh dengan waktu empat menit. Kopi House Blend ini bisa didapatkan di Starbuck manapun di seluruh dunia. Karakteristiknya itu mudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula dan susu, membuat kopi ini menjadi kopi yang selalu ada di setiap gerai Starbucks..

Pairing House Blend kali ini dipadankan dengan roissant cokelat

Udah tau kan kalo nyicipin kopi tuh mirip-mirip kaya wine, ada langkah-langkahnya gitu. Smell, Slurp, Locate, and Describe. Ketika kopi sudah dituang ke dalam gelas mau kita cicip, langkah pertama yang dilakukan adalah menghirup aromanya. Kalo bisa sih gelasnya dirapatkan dan sedikit ditutup dengan tangan. Maksudnya tuh supaya aroma kopinya gak kecampur dengan aroma dari luar. Kedua, sruput kopinya. Harus sampe berbunyi  'slurp' ya! Biar kopi dan aromanya terhirup semua. Ketiga, setelah disruput kopinya, kira-kira di lidah kamu itu apa yang dirasa lebih dominan, apakah pahit, asam, atau ada rasa lain. Keempat, deskripsikan secara lengkap rasa kopi itu menurut apa yang udah kamu rasain. Walaupun karakteristik kopinya sama, menurut saya beda lidah pasti beda rasanya. Nantinya kan balik lagi ke selera masing-masing, suka atau tidak sama jenis kopi tertentu.

Ohiya, sama Mas Noel, manajer gerai Starbucks JIExpo, ditunjukin juga tiga jenis kopi dengan proses roasting yang berbeda, dari light/blonde, medium, sampai ke dark roast. Bedanya? Pada dasarnya perbedaan roasting itu ada di kadar pahit dan asamnya. Makin ringan kadar roasting nantinya akan makin tinggi kadar keasamannya. Gampangnya dark roast-bitterness high-acidity low, medium roast-bitterness medium-acidity medium, light roast-bitterness low-acidity high.


Minuman favorit saya, Java Chip, dan tarlet buah yang segar.

Sesinya seru banget karena selama coffee tasting kali ini, para peserta memberikan banyak pertanyaan. Mulai dari jenis kopi, teknis penyeduhan, sampai rekomendasi kopi yang oke. Yang menyenangkan dari setiap acara kumpul hore Starbucks Indonesia itu, saya jadi dapat ilmu banyak. Belajar banyak hal tentang kopi dari ahlinya. Baristanya tuh ramah banget, gak pelit ngasih ilmu, dan jawab pertanyaan yang aneh-aneh dari kita. Ohiya, kalo mau minta rekomendasi kopi yang kira-kira sesuai dengan selera dan ke(tidak)sukaan kamu, boleh banget langsung minta petunjuk sama barista yang bertugas pas di kasir lhoo!


Menang lomba Livetweeet!

Terima kasih Rhesya dan Starbucks Indonesia atas undangannya. I was having so much fun! Dan menang lomba livetweet dapat tumblr Indonesia pulaaa. Ihiiyy.. Happy!

Bareng Mas Noel dan Rhesya



*Tiga foto terakhir ini dicomot dari twitter SbuxIndonesia



Lokasi gerai Starbucks JIExpo:
Hotel Holiday Inn 
Kompleks JIEXPO pintu 6,
Jl. Rajawali Selatan, Kemayoran.



2 comments:

  1. Seru amat
    Sayangnya kemayoran jauh yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. tapi kalo lagi ada acara di JIexpo sih lumayan banget, soalnya di situ tempat jajan terbatas banget.

      Delete