Tuesday, November 8, 2016

#SayaNgeblogKarena Biar Gak Lupa..





Bulan Oktober kemarin, tepatnya 27 Oktober 2016, baru saja ada perayaan Hari Blogger Nasional, saya antara ikut merayakan dan tidak sih. Kenapa? Habis update blog seadanya, belom sampe rutin sering-sering, dan kebanyakan kanal media sosial jadi gak melulu blog ini yang saya update, dan suka malu-malu menyebut diri saya blogger. Padahal syarat jadi blogger kan (katanya) ya yang penting punya blog dan rajin diisi ya?

Jadi pengen cerita soal awalnya saya ngeblog nih. Awalnya sih #SayaNgeblogKarena ada beberapa alasan, tapi dari semua alasan tersebut dapat dirangkum kalau saya ini menulis karena biar gak lupa dan juga pengen belajar menuangkan isi kepala saya ke dalam kata-kata yang dapat dimengerti oleh saya sendiri. Iya, saya sendiri dan bukan orang lain. Karena dulu (masih sih sampai sekarang, Yes i know you didn't trust me) saya orangnya pemalu dan cukup introvert, tidak cakap menyampaikan maksud isi hati dan isi kepala saya, kemudian akhirnya blog ini jadi wadah untuk saya belajar. Kalau dijabarkan nih, kurang lebih ada lima. Apa aja ya?...


Pertama. Blog saya ini jadi wadah untuk curhat atau menumpahkan unek-unek saya. Atau tempat menaruh kerandoman dan keabsurdan yang kadang melintas di pikiran saya. Ada yang bilang "jangan nulis hal-hal negatif atau hal-hal bersifat marah di blog kamu, gak enak dibacanya". Ya, suka-suka saya dong, wong ini blog punya saya, gak suka yaudah gak usah baca. Eits, nanti dulu.. Omongan itu ada benarnya juga kok. Gak salah kok nulis yang galau-galau atau berbau negatif, namanya manusia ada naik turunnya, emosi kan gak cuma senang aja, ada sedih dan ada marah, apalagi kalo blog jadi diary kamu juga jadi wajar banget. Tapi yaa mungkin diseimbangkan aja kali yaa biar yang baca gak bosen liat kamu ngeluh mulu gitu lho. Kecuali kamu ngeluh atau misuh dengan gaya yang elegan dan terselubung, jadi gak keliatan kalo kamu lagi ngeluh.

Kedua. Selain semacam diary tempat curhat, blog saya juga sebagai jurnal dokumentasi karena saya punya ingatan yang buruk mungkin karena faktor umur. I have really really really bad memory, you can say near-amnesia memory lah. Atau mungkin ada yang bilang short-term-lost memory. Embuh ya dua istilah itu kira-kira artinya sama atau beda. Kalo di blog yang ini emang biasanya tulisannya lebih panjang, kalo nulis pendek-pendek suka gak berasa update blog lengkap gitu, padahal kan enggak juga. Paling gak ada lah beberapa baris atau sekitar 1-2 paragraf gitu. Kalo untuk tulisan yang lebih pendek atau cuma satu kalimat, biasanya saya nulis di Tumblr, yang isinya lebih random daripada blog ini. Di sana tuh ya, isinya malah lebih galau dan depresif gitu..

Ketiga. Untuk belajar nulis termatik atau terstruktur gitu, iseng-iseng nulis fiksi, cerpen atau puisi ala-ala. Kenapa ala-ala? Soalnya saya banyak mengkhayal terus suka ngerasa sayang kalo gak dituangkan ke dalam tulisan. Tapi nih  masalahnya, tulisan saya gak ada teori dan struktur yang benar gitu, pas kepengen nulis ya nulis aja dulu. Salah? Yaudah sih. Yang penting latihan dulu, nanti pelan-pelan dibenerin. Susah kalo jadi anak sastra yang gak gitu ngerti sastra, sukanya ke bahasa. Seringkali karena ngerasa malu, terus banyak ngerasa takut salah dan kurang lengkap jadi gak nulis-nulis, belum lagi mikirin gimana komentar orang. 


Gini nih kalo kebanyakan mikir pas lagi nulis, makanya postingan blog saya banyak yang cuma berakhir di draft aja cuma gara-gara mikir tulisan saya gak layak posting. Padahal kesempurnaan itu sejatinya hanyalah milik Allah semata dan milik Andra and the Backbone. Butiran debu seperti saya gak usah mikirin sempurna, pelan-pelan belajar gitu. Ya kan? Ya kan ya?

Keempat. Untuk sharing atau berbagi cerita pengalaman. Yaa.. momen atau pengalaman apa aja yang pernah saya alamin dan sempat saya tuliskan, biar gak lupa dan menguap gitu aja. Bisa pengalaman makan, jalan-jalan, memakai suatu produk atau jasa, nyobain tempat baru, apa aja bisa dituangkan di sini. Walaupun yang udah-udah, entah karena pengen disimpen sendiri atau gimana, saya jadi sungkan menuliskan pengalaman saya. Kayaknya balik lagi ke malu deh. Padahal ya, gak sampe sebulan juga udah lupa abis ngapain aja. Hih!

Kelima. Yaaa, campuran dari semuanya lah. Berbagi pengalaman itu kan sekalian untuk jurnal dokumenter diri sendiri, yang nantinya bisa dibaca-baca lagi siapa tau (emang pasti) lupa. Seringkali saya jalan-jalan ke blog sendiri baca-baca tulisan yang dulu-dulu dan suka mikir, "kok dulu saya bisa ya nulis kaya gini, kenapa sekarang gak bisa?" atau "ih, dulu kayaknya alay banget, sekarang kok nambah alay". Eh gimana?...

Kalo kapan mulai ngeblog sih kalo gak salah dari tahun.. errr lupa.. jamannya Friendster itu deh. Hahaha Pake blognya Friendster terus pindah cobain Multiply, nulis di Posterous, iseng coba-coba Tumblr, terus akhirnya blog utama pindah dari Multiply ke Blogspot sampai sekarang dan belom pengen pindah domain lagi.

Ngeblog itu menyenangkan. Dari sini saya dapat banyak hal dari teman baru di lingkup Jakbodetabek sampai ke provinsi lain seluruh Indonesia, ada beberapa yang luar negeri, dan dapat banyak pengalaman berharga dan hore-hore bareng teman satu milis ngeblog.


Kalo kamu ngeblog karena alasan apa?

Oke, walaupun telat karena sudah masuk bulan November, saya tetap pengen mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional 2016! Semoga saya sering-sering nulis di sini yaa! xoxo

2 comments:

  1. Kalau aku, aku ngeblog karena hobi membaca dan menulis, berbagi ilmu dari hobiku, dan sebagai mata pencaharian

    ReplyDelete