Friday, November 2, 2018

Bersakit-sakit Dahulu, #GakPakePerih Kemudian

Kalau ada antiseptik yang klaim gak pake perih gitu, kalian percaya gak sih?

Saya sih tadinya sangsi. Okelah gak pake perih kalau gak pas kena luka, tapi kalau pas kena luka biasanya rasanya lumayan laah, agak perih-perih dikit.

Beberapa dari kalian mungkin tahu ya kalau saya tuh orangnya clumsy banget, gerakan motorik badan suka gak sinkron gitu. Jalanan rata gak ada apa-apa aja saya bisa kesandung dan keserimpet, suka tiba-tiba nyenggol atau menumpahkan sesuatu tanpa sengaja. Belum lagi yang suka tiba-tiba ketatap meja atau pintu. Alhasil di dengkul dan badan saya suka tiba-tiba muncul biru lebam atau luka berdarah tanpa saya sadari. Biasanya orang lain yang nanya itu badan kenapa merah atau berdarah. Dari situ saya baru sadar kulit saya kenapa-napa. x)))

Seringnya sih, saya malas untuk ngurusin lukanya karena saking keseringan kulitnya tergores. Apalagi urusan kesandung terus kulit nyium aspal, sakit siiih, tapi yaudah dicuci air bersih aja biasanya. Suka malas dikasih antiseptik karena biasanya ngilu perih gitu di bagian lukanya. Secara karena sudah sering tersuckity, hati udah sering terasa perih banget, sampe udah biasa aja. Nah, cuman kalo hati yang perih, kayaknya susah juga dikasih spray antiseptik yes? Ahahahaa


Ngomongin soal luka dan perih, saya baru denger kalo Hansplast ngeluarin Spray Antiseptik buat mengobati luka #GakPakePerih. MASA SIH? Walaupun beberapa produk obat luka atau antiseptik suka pada klaim gak pake perih, biasanya tetep aja rasanya agak NYESSS gitu. Plus, baunya yang, yagitu, antiseptik banget macam bau rumah sakit. Suka tetep jadi malas makenya juga kan akhirnya? 

Ada anggapan kalau obat pembersih luka itu yang rasanya semakin perih berarti semakin bagus. Mitos tuuu ternyata. Ada juga anggapan kalau luka itu tidak boleh ditutup karena akan membuat lukanya lembap dan gak bisa kering, ini termasuk mitos juga katanya. Jadi sebenarnya setelah dibersihkan, luka itu perlu ditutup supaya lembap dan tidak terkena kuman dari luar. Lalu ketika kamu mengganti plesternya, sebaiknya luka dibersihkan kembali terlebih dulu sebelum diplester. Gitu kata Dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician.

Nah, sebagai clumsy girl yang selalu membawa kotak pertolongan pertama berisi plester dan stok koyo Hansaplast kesayangan tentunya (ehejompoehe), secara resmi Hansaplast Spray Antiseptik jadi anggota baru. Sekalian cobain duluuuu dong sugab atau gak seperti kata teman-teman. Ternyata eh, anu, lumayan sering juga saya semprot-semprot pake selama beraktivitas rutin macam ngajar dan waktu trip ke Serang, Banten. Secara yaa, seperti yang saya bilang di atas, saya clumsy banget.


Tangannya gratil

EH, beneran lho, Hansaplast Spray Antiseptik ini bener-bener ngebantu mengobati luka dan gak pake perih sama sekali. Baunya juga biasa aja, bahkan gak berbau macam khas produk antiseptik. Gak ada bau, gak ada warna alias bening/transparan, dan #GakPakePerih. Saking gak berasa sakit, saya jadi mikir, "INI BENERAN ISINYA ANTISEPTIK GAK SIH? KOK GAK ADA RASA SAMA BAUNYA??!"

Berdasarkan hasil pencarian sana-sini plus nanya-nanya ke mbah Google, mengandung Polyhexamethylene Biguanide (PHMB) yang biasa digunakan paramedis di rumah sakit. Clinically proven deh ya! Nah, di kemasannya yang mungil ini juga ada tulisan Pembersih Luka, melindungi dari infeksi, cepat, tanpa rasa sakit. Kalau nama Hansaplast sih pasti sudah tau ya, mungkin banyak di antara kamu yang sering pake plesternya, yang suka ngeluarin edisi plester yang lucu-lucuuuu banget ituuu. Hansaplast ini produk Jerman keluarannya Beiersdorf, perusahaan yang sama dengan yang ngeluarin NIVEA. Ini kalian pasti udah tau juga lah ya. Dan udah bisa dibeli di drugstore macam Guardian dengan kisaran harga 44ribuan saja loh! 

Selain praktis dibawa ke mana-mana (karena mungil), Hansaplast Spray Antiseptik ini makenya juga gak ribet: tinggal semprot di bagian yang terluka. Biarkan sampai kering, lalu tutup dengan plester supaya gak terkontaminasi dan menjauhkan diri dari infeksi. Laaf banget! Fixed, produk ini jadi salah satu daily essentials yang gak boleh ditinggal! 



Gitu.. 

Kalau kamu gimana, tertarik untuk nyobain Hansaplast Spray ini gak? Atau mungkin udah pakai? Kalau udah, share pengalaman kamu dooong!



No comments:

Post a Comment