Sunday, January 27, 2019

Sugarlive Indonesia, Aplikasi Live Streaming Karya Anak Bangsa Untuk Kamu yang Aktif di Media Sosial!



Sugar! Bukan gulaaaa, tapi manisnya aplikasi lokal untuk kamu content creator dan kamu yang aktif di media sosial. Sugar alias Sugarlive, aplikasi terbaru karya anak bangsa yang akan segera hadir sebentar lagi nih! 

Di jaman digital sekarang ini, kayaknya bisa dipastikan banyak orang yang gak bisa lepas dari smartphone mereka ya? Entah itu main game, nonton video, chatting, ataupun aktif di media sosial. Kamu termasuk golongan yang gini juga gak? Yaaah, saya termasuk golongan ini juga sih. Karena waktu saya banyak dihabiskan di jalan, biasanya saya memakai hape untuk chatting, main game, dan baca buku. Makanya, kacamata saya makin tebal nih, gara-gara menatap layar terus-terusan. But hey, who's not? 

Buat kamu yang aktif menggunakan media sosial di hape kamu untuk berbagi kegiatan kamu, ada satu aplikasi baru yang bisa kamu coba nantinya. Sugar ini merupakan aplikasi live streaming yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan teman ataupun *uhuk* fans kamu. Rasanya beberapa aplikasi media sosial populer juga memiliki salah satu fitur live streaming pada aplikasi mereka. Soalnya, aplikasi semacam ini sangat berguna untuk berbagi info acara, workshop, kelas, tips, ataupun tutorial.

Tanggal 9 Januari 2019 di SHY Rooftop Kemang, saya dan beberapa teman-teman blogger (ada Rere, Linda, Uwan, Aryan, Nita, Andrew, dan masih banyak yang lainnya!) diundang untuk menghadiri soft launching aplikasi Sugarlive ini. Begitu sampai di lokasi, saya disambut oleh mbak-mbak usher bergaun hitam dan berkuping kelinci serta laki-laki berjas rapi berkepala kelinci. BUNNYYYY!! Tema acaranya sendiri memang menyesuaikan dengan maskot Sugarlive yang berupa kelinci berwarna ungu ituh. 

BUNNNNYYYYYYYYYYYYYYYYY~


Di lokasi acara disediakan tempat untuk mengambil foto dengan tampilan live streaming Sugarlive. Dari situ saya jadi dapat bayangan akan seperti apa nanti user interface aplikasi Sugarlive. Sayangnyaaa, pencahayaan kurang terang, jadi gak puas sama foto yang diambil di situ. Plus, saya sedih karena gak sempat foto sama bunny guy-nya Sugarlive karena antreannya panjaaang dan mereka keburu hilang.. 

Arie Setiawan, CEO Sugar

Acara soft launching Sugarlive ini dimulai dengan presentasi oleh Bapak Arie Setiawan selaku CEO dari Sugar Indonesia. Sugar ini dikonsep oleh orang Indonesia, dikembangkan oleh orang Indonesia, diisi kontennya oleh orang Indonesia, dan dimodali oleh orang Indonesia. Tanpa adanya campur tangan pihak asing satupun. Jadi saat ini aplikasi Sugar murni karya anak bangsa yang Indonesiaaa banget!.. 



Acara dilanjutkan dengan konferensi pers oleh Bapak Arie Setiawan dan Bapak Anang Pradipta selaku Managing Director dari Sugar, makan malam, main game via Kahoot, game seru-seruan yang mengajak hadirin yang datang, dan hiburan musik yang dipandu oleh dua MC yang kece dan kocak. Sayang saya gak bisa berlama-lama karena ada kerjaan pagi, kalo enggak sih pasti akan menikmati hiburan musiknya sampai selesaaai.. 

Why Sugar? Soalnyaaaa, gula itu mudah ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Gula ada dimana-mana; di makanan dan minuman yang sering kita konsumsi. Kita sangat menyukai gula. Bahkan saat kadar gulanya kurang, kita sering protes. Contoh; kalau kopi kurang gula, nggak enak. Kopi kebanyakan gula, juga nggak enak. Dan saat gulanya pas, yang enak adalah kopinya. Kurang lebih itu alasan dalam memilih nama "Sugar" sebagai identitas brand. Harapannya sih ke depannya dapat memberikan porsi yang pas; tidak kurang, tidak berlebihan, sehingga industri kreatif Indonesia menjadi lebih "enak".

Terus, why bunnyyy? Kelinci itu binatang yang kecil, dan terlihat lemah. Tapi dia memiliki telinga panjang yang membuatnya lebih peka terhadap suara-suara. Dengan pendengarannya, kelinci bisa lolos dari predator yang mengincarnya. Sama dengan Sugar; mungkin saat ini Sugar terlihat lemah diantara aplikasi-aplikasi raksasa sejenis, tapi Sugar lebih peka. Peka dengan apa? Dengan konten lokal yang diminati masyarakat Indonesia.




Ohiya, buat kamu yang penasaran, saya mau kasih info dikit soal fitur dari Sugar ini. Fiturnya jelas akan berguna banget bagi kamu content creator Indonesia. Simak 9 fitur di bawah ini ya! 

Komentar
Content creator bisa membaca komentar dari para penggemar dan penontonnya; live saat itu juga. Jadi, content creator bisa berkolaborasi dengan para penggemarnya secara live untuk menentukan arah dari konten yang disiarkan.

Apresiasi
Content creator bisa mendapatkan apresiasi dari para penggemar dan penontonnya dari berbagai hadiah virtual yang disediakan di dalam aplikasi. Hadiah bisa ditukarkan menjadi rupiah, dan besarnya rupiah yang bisa didapatkan bergantung kepada konten yang dibuat oleh content creatornya itu sendiri.

Face Filter
Content creator bisa live kapanpun, bahkan jika belum mandi sekalipun. Dengan adanya face filter, content creator akan mendapatkan filter-filter imut dan lucu, yang bisa digunakan untuk menarik penonton lebih banyak lagi.

Jualan
Content creator bisa menjual produk saat mereka sedang live, dan hasil penjualan produk sepenuhnya milik content creator.

Multi Camera-phone
Content creator bisa mengambil beberapa angle sekaligus menggunakan beberapa smartphone untuk ditampilkan di dalam siaran langsungnya. Sehingga, memudahkan mereka jika ingin berpindah pindah fokus dari satu frame ke frame lainnya.

Polling/Survey
Content creator dapat mengadakan polling saat sedang siaran, yang bisa digunakan untuk menentukan konten apa yang dipilih atau yang paling disukai oleh para penggemar dan penonton.

Challenge
Content creator dapat memberikan, dan melakukan challenge saat siaran. Fitur ini dapat dilakukan bersama para penggemar dan penonton, atau bahkan dilakukan dengan sesama content creator untuk membuat sebuah siaran yang lebih hidup dan menyenangkan.

Duet
Content creator dapat berkolaborasi dengan content creator lainnya dalam satu siaran. Dengan duet siaran, kedua content creator dapat menggabungkan kedua penggemar mereka dalam satu sesi siaran.

Lucky Draw
Content creator dapat memberikan apresiasi kepada penggemar dan penontonnya dengan fitur lucky draw. Penonton bisa mendapatkan hadiah/apresiasi yang diberikan oleh content creator langsung saat siaran. 






Saat ini Sugar memang baru diluncurkan versi betanya. Saya sendiri sedang menunggu email untuk menjadi beta tester dan mencoba aplikasinya. Kalau kamu penasaran ingin mencoba menjadi salah satu beta testernya, langsung aja ke twitternya Sugarlive ID lalu cek twitnya untuk informasi lebih lanjut gimana mencoba aplikasinya ya! 



PS: Thank you Sugarlive for having me! xoxo

No comments:

Post a Comment