Friday, August 17, 2012

Dirgahayu Lewat Sebulan


Sebulan sudah lewat dari hari ulang tahunku. Dan kebetulan hari ini juga merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Selama satu bulan kemarin ternyata banyak sekali yang terjadi. Dari hal yang membuatku bahagia sampai hal yang membuatku semakin jatuh terpuruk. Semua ada, lengkap!

Banyak hal juga yang sudah kupelajari selama naik turun fase hidupku dalam waktu satu bulan ini. Satu bulan yang ternyata cepat, namun ketika kemarin dijalani rasanya lamaaaaa sekali. Patah hati dan merindukan orang yang tidak bisa kau gapai memang membuat waktu berjalan terasa sangat lambat.

Salah satunya, aku belajar mencintai dan belajar merelakan. Kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidupmu itu ternyata memang menyakitkan, apalagi kalau kamu masih belum rela untuk melepasnya. Ikhlas. Salah satu ilmu yang paling sulit diterapkan dalam hidup itu menurutku ilmu ikhlas. Ada yang bilang jangan terlalu terikat pada sesuatu kalau tidak mau merasa sakit karena kehilangan. Apalagi rasa kehilangan itu belum tentu berlaku dua arah, urusan hati. 



Untukku cinta yang semakin bertumbuh seiring waktu itu tidak mudah untuk dihilangkan, walaupun untuk urusan hati Allah lah yang Maha Membolak-balikkan hati. Orang bilang, "move on!" Move on dari kondisi sekarang, cepat-cepat move on dan cari pacar baru. Well, move on itu tidak bisa dipaksa kan? Move on dari kondisi buruk dan terpuruk mungkin bisa dilakukan, biar tidak semakin tenggelam dalam kesedihan. Move on dari hati dan perasaan? Belum tentu bisa secepat itu. Tiap orang kan berbeda-beda, jangan disamakan. Lalu orang yang tidak bisa atau gagal move on itu dianggap lemah? Nanti dulu... Kamu kan tidak mengalami apa yang dialami orang tersebut. Jangan dengan mudahnya melabeli orang lain. Apalagi kalau kamu tidak kenal.

I'm not okay. I know that I had serious problem that need professional help. Tapi apa orang lain mau tau? Tidak, mereka tidak mau tau apa masalahmu. Uumm, dan tidak peduli juga sih. Mereka hanya akan menertawakan apa yang terjadi padamu. Orang-orang suka dengan drama. Mereka akan menyimak hanya untuk tertawa. Biasanya sih.. Yah, setidaknya hal itu dibuktikan dengan orang yang paling dekat denganku yang tidak peduli aku sedang terlibat masalah apa, selama aku tidak membuat mereka merasa terganggu dan terbebani. Sampai aku terlihat mulai bertingkah dan menggangu, mereka akan mulai tidak nyaman dengan kelakuanku dan akhirnya bertengkar.

Lelah, iya aku lelah. Aku lelah dengan hidupku tapi mungkin tidak lelah dengan kita. Aku lelah karena tidak tau harus bagaimana dan lelah karena membuat orang lain lelah dengan kelelahanku. Bukan maksudku juga mencari gara-gara, apalagi memancing pertengkaran.. I just need someone beside me, i need help. But no one care to care to me and no one care to help me, I guess.. I can't say out loud any way. So in the end, I'm all alone..

Ohiya, Selamat ulang tahun, Indonesia. Hari ini 17 Agustus bukan hari kemerdekaan Indonesia, tetapi hari ulang tahun Indonesia. :)

No comments:

Post a Comment