Tuesday, December 19, 2017

[Event Report] MAAT Golden Ration: Cantik Itu Proporsional



Cantik itu tidak perlu berlebihan, cukup proporsional.

Ternyata, untuk masuk kategori cantik itu ada hitungannya lho. Saya pun baru tahu sewaktu menghadiri acara Konferensi Pers "Meet The Winner Golden Ratio Search - Indonesia Representative" di Brewerkz Senayan City tanggal 5 Desember 2017 lalu. MAAT Golden Ratio Search itu apa sih? Jadi, "MAAT Golden Ratio Search" ini adalah ajang pencarian pertama di Asia Pasifk yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi dan daya tarik wajah; dan merupakan bagian dari ajang peluncuran pedoman medis pertama yang membahas pendekatan holistik perawatan kecantikan untuk membentuk wajah Asia yang proporsional. Ajang pencarian se-Asia ini merupakan upaya Merz mengaplikasikan sains dalam dunia kecantikan.

Ajang Pencarian MAAT Golden Ratio ini sendiri dilakukan di 11 negara dan menunjukkan bahwa wajah proprosional tidak memandang suku ataupun batas geografis. Ajang pencarian ini diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta dari Australia, Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Menurut marketing Manager Merz Indonesia, Hansen Gandhi, "MAAT Golden Ratio Search" menggunakan ilmu pengukuran dan memberikan pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri”.


Dokter Kevin sedang memeragakan alat ukur perhitungan proporsional

Kesimpulan dari para dokter kecantikan adalah bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah yang paling ideal untuk wanita Asia. Dari pertemuan Tahunan ke-38 International Society for Dermatological Surgery (ISDS) di Bangkok pada bulan November 2017 ini diterbitkanlah buku pedoman media. Buku pedoman tersebut berisikan rekomendasi cara-cara terbaik untuk membentuk wajah dan beragam perawatan kecantikan untuk mengubah wajah bagian atas, tengah, dan bawah, termasuk strategi-strategi dalam menciptakan wajah Asia yang berbentuk oval. Buku pedoman tersebut juga berisikan tentang beragam prosedur enhancement (memperbesar), restoration (pemulihan), dan beautification (mempercantik) yang tepat untuk wajah Asia.

Berdasarkan pedoman medis baru dan pertama tersebut, wajah Asia yang ideal adalah wajah yang berbentuk oval. Beberapa metode perawatan dapat dilakukan untuk membentuk wajah oval berdasarkan anatomi dan karakteristik wajah pasien


Dari penjelasan para narsum, saya jadi menyadari ada perbedaan mendasar mengenai perawatan kecantikan Asia dan Kaukasia. Pasien Asia biasanya melakukan perawatan untuk mengubah, mempercantik, atau memperbaiki bagian wajah yang dianggap kurang proposional; sedangkan pasien Kaukasia biasanya melakukan perawatan wajah agar tampil lebih muda atau menghilangkan masalah yang muncul akibat penuaan. Di sinilah tantangan untuk para dokter kecantikan menangani pasien Asia muncul. Ya soalnya beda bentuk wajah kan akan beda pula masalah dan rekomendasi perawatan yang perlu diberikan kepada pasien. Nah, dengan adanya buku pedoman tersebut, akan membantu para dokter kecantikan untuk membentuk wajah yang proporsional di Asia.


Peserta yang menjadi perwakilan dari Indonesia nih, adalah Miya Alexa (Mitania Hendayani) yang ternyata merupakan MC yang membawakan acara MAAT Golden Ratio. Menurut Dokter Adri waktu itu, Miya memenuhi poin-poin utama yang disyaratkan, yaitu belum pernah melakukan perawatan khusus kecantikan seperti filler atau Botulinum toxin maupun operasi plastik. Setelah mengikuti ajang pencarian MAAT Golden Ratio ini, Miya mengikuti beberapa rangkaian penghitungan mulai dari proporsi bentuk wajah dan bentuk estetikanya, dan akhirnya berhasil terpilih menjadi wanita Indonesia yang memiliki wajah cantik paling proporsional.

Duh, saya rindu wajah oval sayaaaa.




Kalau dari Mbak Alfi, salah satu juri MAAT Golden Ratio yang juga merupakan paar kecantikan, definisi kecantikan (jg berdasarkan feedback dari member Female Daily) yaitu wajah dan tubuh yg proporsional, rambut dan kulit yg sehat. Tambahan opini personal dari Mbak Alfi adalah nice smile. Kulit sehat bukan berarti putih, yg penting mulus. Sama seperti rambut, tdak harus hitam dan lurus, yg penting sehat. Mbak Alfi juga menekankan bahwa mengenal bentuk wajah itu penting, krn dapat membantu kita mencari kacamata, eyeshadow, dsb. Selain itu, akan penting juga ketika ingin melakukan treatment kecantikan.

Sungguh pencerahan ya. Selama ini standar kecantikan yang ada di pasaran kayaknya berbeda-beda ya? Perbedaan ini lah yang dicoba untuk diseragamkan oleh MERZ tapi dari sisi estetika dan proporsi. Jadi tidak melihat latar belakang genetik kesukuan gitu.


Ngomong-ngomong cantik, menurut kamu definisi cantik itu apa sih?


No comments:

Post a Comment