Thursday, October 5, 2017

Menikmati Kue Bulan pada Perayaan Musim Gugur 2017




Bagi bumi belahan utara, bulan September adalah permulaan musim gugur. Di Cina, musim gugur berarti akan ada perayaan Festival Musim Gugur. Di Indonesia yang hanya ada dua musim, mungkin kita tidak punya musim gugur yang dapat dirayakan. Biarpun begitu, kita bisa lhooo ikut meramaikan. Perayaan Festival Musim Gugur itu tidak bisa lepas dari kue bulan atau mooncake (月饼 yuebing)

Tanggal 15 bulan delapan di Cina Bulan dianggap bulat sempurna dan pada saat ini biasanya merupakan puncak perayaan Festival Musim Gugur. Masyarakat di Cina biasanya merayakannya dengan duduk bersama-sama di bawah sinar bulan sambil menyantap kue bulan. Tahun ini, purnama bulat sempurna jatuh pada tanggal 4 Oktober 2017.

Kue Bulan ini bentuknya bulat seperti bulan dan rasanya manis seperti kue pia. Kue Bulan tradisional biasanya berisi kuning telur atau biji teratai; sedangkan kue Bulan modern, isinya lebih bervariasi dari cokelat keju sampai durian. Pada kue Bulan, telur merupakan lambang kesuburan dan biji teratai menjadi simbol kebahagiaan.



Tahun-tahun sebelumnya rasanya saya belum pernah membeli kue Bulan secara khusus, tapiii tahun ini rasanya pengen banget mencoba kue bulan untuk perayaan Festival Musim Gugur. Semua ini gara-gara banyak toko dan restoran yang memasang poster iklan mooncake atau kue bulan niiih. Yah, mumpung pas waktunya di bulan Oktober ini dan toh cuma setahun sekali.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba kue Bulan di Jia Restaurant di Shangri-La. Pilihan saya jatuh pada satu set kotak berisi 4 kue Bulan berukuran sedang. Eh, atau besar ya? Bukan yang kecil, yang jelas. Saya dapat rasa black sesame, lotus white yolk, pandan black charcoal, dan lotus red. Favorit saya rasa wijen hitam, manisnya pas untuk saya. Dari semua rasa yang ada, yang paling manis menurut saya sih rasa Pandan. Kalo kamu suka rasa manis, kayaknya cocok aja. Rasa lotus yolk ini juga enak, tidak terlalu manis seperti pandan tapi masih lebih manis dari wijen hitam. Untuk yang teratai merah, saya belum sempat coba karena sudah habis dimakan ramai-ramai, tapi katanya sih enak.





Yang saya suka itu kotaknya. Cantik banget! Sepertinya sih akan saya pakai untuk menyimpan perhiasan, tinggal ditarik aja seperti laci. Ohiya, harga kue Bulan ini sih bervariasi, dari 98 ribu - 118rb varian tradisional dan 538 ribu - 578 ribu untuk satu kotak isi 4 kue tradisional.






Kamu sudah pernah coba kue Bulan? Favorit kamu biasanya di mana? Kalo saat ini kamu tertarik untuk mencoba kue Bulan, tunggu lagi tahun depan yaaaa!




JIA
Level 1, Shangri-La Hotel, Jakarta
(021) 2922 9999

Operating Hours
Weekday lunch and dinner are served from 11:30 a.m. to 2:30 p.m. and from 6:00 p.m. to 10:30 p.m.
Weekend lunch and dinner are served from 10:30 a.m. to 2:30 p.m. and at 6:00 p.m.to 10.30 p.m.

Dress Code
Smart Casual

6 comments:

  1. Replies
    1. Kamu sibuuuuk. Kuenya gak bisa lama-lamaaa soalnya. >___<

      Delete
  2. yang pandan charcoal bentuknya paling cantik, cuma aku ndak doyan pandan... tapi yg lebih cantik emang kotaknya sih... semacem pengen punya deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak terlalu doyan pandan, tapi untung kulitnya charcoal, ketolong dikit. Haha

      Sementara ini kotaknya jadi alas bobok lucunya Anubis.

      Delete