Sunday, December 30, 2012

Hands Clean: Oh, Are You Sure?





I know my hands are not clean..
but who the hell are you to judge the life I live?..

Saturday, December 29, 2012

Mimpi yang (Belum) Terwujud?


Baru saja berjalan-jalan di Facebook dan melihat kabar terbaru dari teman-teman lama, sahabat-sahabat SMU yang sudah lama tidak berkabar. Beberapa sudah menikah dan memiliki anak, beberapa sudah berhasil mengejar mimpi dan cita-citanya. Happy to see them. Successful.

Salah seorang sahabatku, perempuan, sepertinya sudah berhasil menjadi pilot seperti impiannya. Kedua orang tuanya pilot. Yang kulihat dari laman Facebooknya, dia sudah berhasil menyelesaikan pendidikannya dan sedang mengejar target jam terbang. Selain itu, dia sudah menikah dan memiliki dua orang anak, serta memiliki usahanya sendiri.

Sahabatku lainnya, mereka sudah menikah dan baru saja memiliki buah hati. Sahabat dekatku sewaktu SMU, kami sering berkumpul bertujuh. Aku tahu karena foto bayi yang diposting. Selamat, semoga bisa menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah wa Rahmah.

Tuesday, December 25, 2012

Go F Yourself!


Seseorang menghakimiku. Mungkin banyak orang sudah menghakimiku. Menghakimi diriku yang sekarang ini dan atas apa yang kulakukan, dan yang menurut mereka kulakukan. Mereka tidak mengenalku, tidak tahu apa yang kulalui. Silakan saja. Orang-orang menilai dari kulit luar. Mungkin termasuk aku juga menilai orang lain. Iya, begitulah manusia.. 

Jiwa labil yang tersesat. Ada orang yang berkata demikian. Sepertinya dimaksudkan untukku. Hahaha Aku tersesat? Soal itu aku sudah tahu lama. Labil? Itu merupakan sebuah proses. Setidaknya menurutku. Tapi tetap saja, kau dan mereka tidak tahu apa yang sudah kulalui.

Apa kau tahu? Aku yang sekarang ini sudah bukan aku yang dulu, yang polos dan bodoh, yang bisa kau bodohi. Aku sudak rusak? Iya, mungkin. Salah satunya kaulah yang merusaknya. Apa kau tahu, berapa besar andilmu dulu menjadikan diriku seperti sekarang ini? Mungkin kau tidak tahu, dan tidak merasa. Atau tidak mau tahu?

Monday, December 17, 2012

Safe and Sound





I remember tears streaming down your face
When I said, I'll never let you go
When all those shadows almost killed your light
I remember you said, Don't leave me here alone
But all that's dead and gone and passed tonight

Monday, October 1, 2012

Hai, Oktober!

Selamat pagi, Oktober.

Apa yang akan Kau bawa kepadaku selama satu bulan ke depan? Setoples kembang gula atau setoples pasar malam?

Aku menikmati September. Banyak hal yang diberikan kepadaku kemarin. Waktu... dan mungkin juga kesempatan. Yang beberapa kuambil dan tidak hanya kulewatkan begitu saja seperti biasanya.
Kesempatan untuk melakukan perjalanan, sambil menata hati. Hati yang sudah lelah dan mungkin minta didengarkan untuk beristirahat sejenak sambil memulihkan segala retakan yang ada. Hatiku sudah hancur berkeping-keping, menjadi serpihan. Tidak ada orang lain yang bisa menyatukannya selain diriku sendiri. Selama September kemarin, aku dapat mengumpulkan kepingan-kepingan yang hilang di kota pelajar penuh kenangan ini.

Thursday, August 30, 2012

Sekotak Luka yang Kau Tinggalkan

Kau datang dengan tangan terulur 
Membawa sebuah kotak penuh asa dan janji
Menyuapiku terus dengan asa akan masa depan
Mencekokiku dengan janji manis akan kita
Memberikanku rindu untuk dianyam setiap saat

Sunday, August 19, 2012

Lebaran atau Idul Fitri?

Hari Minggu tanggal 19 Agustus 2012 bertepatan dengan 1 Syawal 1433 Hijriah merupakan hari raya Idul Fitri yang dirayakan oleh seluruh muslim di dunia. Menurut bahasa Eid artinya kembali dan fitri berarti suci, jadi eid fitri berarti kembali ke dalam keadaan suci, bersih dari segala dosa. Arti kayanya kurang lebih seperti yang saya sering dengar, mohon dikoreksi kalau salah. *malas googling*

Idul Fitri juga biasa disebut lebaran dalam bahasa Indonesia merupakan hari kemenangan bagi umat Islam. Kemenangan bagi seluruh umat Islam? Eits, nanti dulu.. Kamu yakin kamu menang? Menang dari apa? Gak semua orang benar-benar memaknai dan menjalankan ibadah Ramadan. Gak semua orang juga kembali ke fitrahnya, kembali ke suci. Puasa dan solat aja belum tentu. Terus yang puasa sudah benar-benar menjalankan 'puasa' dengan menahan segala nafsu? Atau puasa, tapi puasanya cuma menahan lapar dan haus tanpa mendapat segala hikmah dari puasa?

Friday, August 17, 2012

Dirgahayu Lewat Sebulan


Sebulan sudah lewat dari hari ulang tahunku. Dan kebetulan hari ini juga merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Selama satu bulan kemarin ternyata banyak sekali yang terjadi. Dari hal yang membuatku bahagia sampai hal yang membuatku semakin jatuh terpuruk. Semua ada, lengkap!

Banyak hal juga yang sudah kupelajari selama naik turun fase hidupku dalam waktu satu bulan ini. Satu bulan yang ternyata cepat, namun ketika kemarin dijalani rasanya lamaaaaa sekali. Patah hati dan merindukan orang yang tidak bisa kau gapai memang membuat waktu berjalan terasa sangat lambat.

Salah satunya, aku belajar mencintai dan belajar merelakan. Kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidupmu itu ternyata memang menyakitkan, apalagi kalau kamu masih belum rela untuk melepasnya. Ikhlas. Salah satu ilmu yang paling sulit diterapkan dalam hidup itu menurutku ilmu ikhlas. Ada yang bilang jangan terlalu terikat pada sesuatu kalau tidak mau merasa sakit karena kehilangan. Apalagi rasa kehilangan itu belum tentu berlaku dua arah, urusan hati. 

Thursday, August 16, 2012

Sudahkan Kamu Tes HIV?



Sudahkan kamu tes HIV? ~ @suksmaratri

Belakangan ini di twitter, seorang perempuan bernama Suksmaratri, lagi rajin ngetwit soal sosialisasi dan kesadaran masyarakat soal HIV/AIDS. Yang dia bahas juga bukan hal yang rumit atau mungkin terlalu tinggi untuk orang awam, baru sekedar gimana caranya supaya bahasan tentang HIV/AIDS ini bukan menjadi hal yang tabu di masyarakat. Sekedar diskusi santai di tempat umum atau tempat nongkrong anak muda gaul macam seven eleven juga bisa, yang penting masyarakat terbiasa mendengar lalu nanti memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri, misalnya. Hal ini berguna untuk membangun bahasan positif dan sukur-sukur mengurangi atau bahkan menghapus stigma negatif tentang HIV/AIDS dan ODHA (Orang dengan HIV AIDS).

Biasanya ya, topik-topik dengan bahasan "berat' macam ini, sejenis dengan Lupus, kanker, atau penyakit dengan label 'penyakit ganas' ini jarang yang tertarik untuk membahas, kecuali bersentuhan dengan lingkungan atau orang yang mengidap. Istilah yang tepat apa ya? Mengalami, menderita, mengidap? "Mengidap" mungkin lebih tepat ya? Yang terjadi padaku sih begitu, sampai pada akhirnya tertarik dengan isu seputar penyakit Lupus ya karena kakakku adalah seorang Odapus (Orang dengan Lupus). Nah, untuk peduli dan tau lebih banyak topik lainnya semisal HIV/AIDS ini gak perlu nunggu orang terdekat atau diri sendiri menjadi pengidap kan? Jangan sampai deh. :)

Tuesday, August 14, 2012

I miss Us..




Dear You, do you know how much I miss you? 
I miss You..
...I miss Us..
  ...I need You..
    ...and I need Us..

Monday, August 6, 2012

Sorry, You're Not Wanted Anymore..

You're not wanted anymore.

Being left. Unwanted.

Rasanya ditinggalkan itu sangat menyakitkan. Apalagi ditinggalkan oleh orang yang sangat kamu sayang, dan kamu teramat sangat membutuhkan kehadirannya pada saat itu. Seseorang yang pernah berjanji akan menolongmu keluar dari kegelapan, seseorang yang juga sangat kamu harapkan dapat menemanimu di saat terburukmu. Tapi ternyata pada saat itu kamu.. ditinggalkan begitu saja..

Mungkin ini balasan untukmu ya? Entah di mana di waktu yang mana, mungkin kamu pernah memperlakukan orang lain seperti ini. Mungkin. Mungkin karena kamu juga menjadi seseorang yang tidak peduli pada orang lain. Maybe you're just simply ignorant, so karma is coming back to you. Sekarang karmanya sudah kembali padamu, semoga ini bisa membayar karma burukmu pada orang lain. Dan semoga kamu bisa introspeksi dan memperbaiki dirimu sendiri.

Kamu merasa dunia tidak adil. Dia tidak adil padamu. Kamu menyalahkannya karena meninggalkanmu pada saat kamu terpuruk. Akan tetapi kamu juga tidak bisa menyalahkannya karena kamu terlalu menyayanginya. Di saat kamu selalu berada di sisinya dan mendukungnya apapun yang terjadi padanya, ternyata ketika terjadi hal yang sebaliknya dia tidak dapat melakukan hal yang sama. Kamu cuma bisa merasa teramat sedih. Rasanya seperti dadamu terdapat sebuah rongga besar yang hitam, yang menelan semua rasa bahagiamu. Kamu merasa kosong seakan-akan sebagian dirimu dicabut dengan paksa dari dirimu. 

Monday, July 16, 2012

Hadiah Istimewa di Tanggal 16 Juli


Hari ini adalah hari di mana umurku ragaku bertambah tua dan lilin hidupku semakin terbakar, pelan-pelan mengurangi waktuku di dunia ini. Aku tidak tahu akan hidup sampai kapan, yang jelas lebih dari seperempat abad sudah kulalui di dunia ini. Hari ini aku mendapat banyak ucapan dan doa. Ucapan selamat dari keluarga dan dari teman-teman melalui jalur sosial media twitter dan facebook. Mungkin juga ada sebagian yang mengirimkannya melalui BBM, yang sayangnya tidak sampai karena BBku tercinta itu mati suri. 

Hari ini juga hari yang istimewa. Kamu tahu alasannya? Ucapan selamat yang pertama kudapatkan adalah dari kamu, yang membisikkannya di telingaku ketika aku terlelap. Lelah sehabis menjalani operasi semut di Cibodas. Aku tidak ingat apa doamu, karena aku masih tertidur nyenyak, yang jelas aku mendengar dan merasakannya di telingaku dan di hatiku. :)

Thursday, May 24, 2012

My Beautiful Little Evil


Hey, I've got a new partner in my life!  :')

A beautiful little evil..




Itu tagline dari iklannya.. Iklan Panasonic Lumix GF3 yang dipajang di jalan Gatot Subroto persis di depan gedung Menara Jamsostek. Billboard iklannya itu kelihatan jelas di sebelah kanan jalan kalau lagi di jalan mengarah ke kuningan. Nyebelin plus ngeselin tiap lihat iklannya itu! Coba dicek aja foto di atas, keren kan iklannya? Soalnya warna kamera yang dipajang itu warnanya merah hati, unyuuuuu! >____< 

Wednesday, May 9, 2012

World Lupus Day 2012: Mengenal Lupus Lebih Dekat



Welcome, May!

Bulan Mei itu selalu mengingatkan saya sama peringatan hari Lupus sedunia. Daaaan, saya mau ngajakin kalian dateng ke acara peringatan tahunan yang namanya World Lupus Day nih.

Ada yang tau atau pernah denger Lupus? Ada yang teman atau saudaranya mengidap penyakit Lupus ini? Atau bahkan salah satu warga Ngerumpi ada yang merupakan Odapus? Naaaah, acara ini penuh informasi penting buat kalian. Dan acaranya juga gratis! :)

Apa sih yang terlintas di kepala kalian kalau dengar penyakit Lupus? Mungkin secara umum berita yang beredar tentang penyakit Lupus, yang terpikir mungkin penyakit langka, ganas, berbahaya, setara dengan kanker, dan sebagainya. Naaah, di rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Lupus Indonesia (YLI) ini pasti bisa memberikan informasi yang benar dan tidak simpang siur.

Sunday, April 8, 2012

Chocolate and Malt

Ovaltine

Chocolate and Malt altogether!

Rasa baru dari salah satu minuman coklat kesukaanku. Biasanya cuma coklat, sekarang ada campuran gandumnya. Biasanya cuma ukuran kotak kecil, ternyata ada ukuran satu liternya! Walaupun saat ini baru kutemukan di Giant. Kapan ya masuk ke minimarket? Jadi kalau mau beli gak usah jauh-jauh perginya.. :D

Thursday, March 22, 2012

Entering the Crabshell



Belakangan ini, entah kenapa rasanya lelah. Lelah lahir batin. Lelah dimarahi dan disalahkan. Tidak mau bertemu orang lain, tidak mau bercakap-cakap dengan orang lain, hanya ingin menghilang. Entah kenapa..

Setelah bulan kemarin sempat hampir depresi, lagi. Atau malah sepertinya sudah depresi, bukan hampir lagi. Merasa saat-saat depresi bulan kemarin itu sudah hampir berlalu, ternyata sepertinya belum. Karena belakangan ini merasa teramat sangat sensitif, jadi sepertinya masih dalam masa-masa depresi. Yang biasanya cuek saja, tidak terlalu banyak memasukan omongan orang-orang ke dalam hati, kok belakangan ini merasa sangat mudah untuk tersakiti, merasa tersinggung dan sakit hati. Padahal mungkin orang lain berbicara dengan nada yang biasa, tapi yang aku tangkap artinya bisa berbeda.  Apalagi ketika memang bermaksud membentak atau memarahi, sakit yang terasa jelas-jelas lebih menusuk lagi. Atau pula omongan tertulis orang lain juga maksudnya biasa aja, tanpa ada maksud menyerang atau lainnya, tapi makna yang tertangkap di hati bisa berbeda, apalagi yang memang berniat untuk menyakiti. Benar-benar terasa sakit, menusuk di hati.

Thursday, March 15, 2012

Punk Is Not a Crime




Punk is not a crime, a mural at Slipi Flyover, in front of Ibis Slipi Hotel.

Bars of Chocolate


Us_chocolate



Oooh, I looooove chocolate!

Couple bars of chocolate, a gift from New York. Dark chocolate, milk chocolate, belgian chocolate, and dark chili chocolate! Couple bars, with different taste and brand.  Love them!

Wednesday, March 14, 2012

White Canvas




Hersheys Miniatures: The Savior

Hersheys


Hersheys chocolate, our savior! Tadinya mau dibagikan dalam aksi damai #IndonesiaTanpaFPI 14 Februari 2012 di Bundaran Hotel Indonesia, tapi karena satu dan lain hal tersimpan di tasnya mbak Tunggal, lupa dikeluarkan. Diberikan oleh seorang teman yang baik hati. Pada akhirnya menjadi penyelamat kebosanan di lobi Reskrim Polda, sambil menunggu proses pemeriksaan salah seorang teman yang menjadi korban pengeroyokan di BHI.

Tuesday, March 13, 2012

Arisan dan Workshop Fotografi

 Foto hasil workshop


Siapa bilang untuk mengambil gambar foto yang bagus itu harus punya kamera canggih dan mahal?
 
Hari Sabtu tanggal 11 Februari 2012 kemarin, Ngerumpidotcom ngadain arisan bulanan yang temanya seru banget, fotografi, bersama mbak Marissa Tunjungsari dan Pentax. Topiknya sederhana, tapi menurut saya materinya penting dan seru banget. Materinya berguna banget terutama buat kita yang mau ngambil gambar dan menggunakan kamera dengan baik dan benar.  Peserta yang datang dihimbau untuk membawa kamera. Kamera saku, HP, DSLR, intinya sih yang penting membawa alat yang bisa dipake untuk latihan memotret. Pengisi materinya adalah salah satu fotografer dan pengajar favorit saya lho. Karena selain foto-foto jepretan mbak Sasha ini keren-keren, beliau juga mengajarkan untuk bisa memotret menggunakan kamera apa aja. Apa aja di sini sih maksudnya kamera yang nempel di hape, tablet, atau kamera saku, gak harus kamera-kamera berlensa panjang kaya fotografer profesional ituh.