Sunday, November 1, 2015

(For a While, Let Me Pretend) I'm Pretty..






I think I'm ugly and nobody wants to love me
Just like her I wanna be pretty
I wanna be pretty
Don’t lie to my face
and tellin me I'm pretty

I think I'm ugly and nobody wants to love me
Just like her I wanna be pretty
I wanna be pretty
Don’t lie to my face
Cuz I know I'm ugly



Penggalan bait di atas adalah lagu dari 2NE1, judulnya Ugly. Lagunya upbeat, enak didengerin, videonya pun asik untuk disimak. Walaupun saya gak ngerti-ngerti amat sisa liriknya yang dalam bahasa Korea, tapi liriknya ngena banget buat saya.




Sama seperti perempuan lain, saya juga pengen cantik. Walaupun saya sadar diri, muka alhamdulillah pas-pasan. Minimal (kadang-kadang) buat nyenengin diri, saya suka merasa cantik kalo abis dandan. Walaupun itu jarang, karena saya lebih sering merasa diri saya jelek. Iya, saya punya masalah dengan self esteem and self confidence. Saya insecure sama diri sendiri. I often hate myself. Dari bentuk badan yang lebar, tebel, dan berlipat gak jelas kaya lepet, muka yang bulet isinya pipi semua, gigi yang ompong dan berantakan, plus jerawatan gak ada abisnya pula. Saya bahkan takut sama kamera. 

Oh, and people keep tellin' me that I'm fat and ugly.

Iya, ini mungkin self pity, mungkin juga bukan. Saya cuma lagi pengen buang hal-hal negatif di dalam kepala saya. Dari pada berputar-putar di dalam kepala saya dan menarik energi positif saya untuk mikirin hal gak yang negatif dan gak penting, mending saya tuangin di sini. Daripada juga saya cerita sama orang lain terus nanti saya malah dibilang ngeluh. Saya capek dibilang jelek dan gendut, apalagi datangnya dari salah satu (atau salah banyak) orang yang deket sama saya. Saya sendiri lagi berjuang untuk menerima dan mencintai diri saya apa adanya. Iya, termasuk menerima apapun bentuk badan saya dan muka saya, beserta banyak sifat negatif saya yang sedang saya ubah. Bukan perkara baper, tapi aslinya saya emang sensitif. Dan omongan yang terus menerus diulang akan bikin kamu percaya bahwa kamu jelek. Yaa, walaupun emang iya. 

Ada kalanya saya bodo amat dan berusaha gak masukin ke hati karena saya tau orang-orang cuma bercanda. Tapi pada akhirnya bukan cuma sekadar saya sensitif dan orang-orang terus menerus bilang saya baper, padahal awalnya enggak. Anyway, bukannya kalo mencela fisik orang lain terus menerus (dan datangnya dari orang di sekitar lingkungan saya) akan menjadi sebuah verbal abuse ya? Saya udah berusaha untuk gak baper dan masukin ke hati, tapi omongannya nusuk di hati saya. Menyayat hati laksana ditusuk sembilu.





Orang-orang bilang saya sensitif, baper, terus mencela (fisik) saya dan kemudian tertawa dan bilang kalo saya baper. Ohya, orang yang gak sensitif pun lama-lama akan jengah dan bete kalo terus-terusan diungkit dan dicela masalah fisiknya. Lo bilang gue gendut dan jelek terus lo pikir diri lo sendiri oke? Udah sempurna gitu??!!..

Saya capek.

Kalo dulu waktu saya masih lebih kurus dari sekarang ini dibilang gendut, apalagi sekarang. Udahlah badan tambah gede tambah gak jelas bentuknya, perut sama dada balapan, muka jerawatan terus gak abis-abis, cakep juga alhamdulillah rata-rata, penyakitan pula. Saya berusaha banget gak masukin ke hati omongan orang-orang yang bilang kaya gitu ke saya, terutama omongan orang yang dekat sama saya. Saya cukup tau diri kok, walaupun udah dandan pun ya emang gak bikin muka saya jadi cakep banget. Yah, minimal agak menarik dikit. Dikit..



Biasanya kalo stres saya gak doyan makan, terus jadi kurus. Entah kenapa stres kloter sekarang ini saya udah gak peduli apa-apa dan bawaannya pengen makan mulu. Dandan aja males. Kalo sebelumnya aja saya udah dicela-cela gendut dan jelek terus padahal udah berusaha tampil rapi dan dandan, yaudah kan, gak ada bedanya kalo saya sekarang tambah gede lagi badannya dan tambah jelek plus jerawatan juga muka saya. Toh gak ada bedanya, tetep dicela juga. Dan toh belakangan ini saya bahagia kalo makan. Jadilah ketika saya sedih, saya makan. Biasanya saya masih jaga makan, cemilan berusaha dicari yang sehat, porsi dikit, gak makan mi instan, dan sebagainya buat ngejaga bentuk dan kesehatan badan saya. Sekarang?  Bodo amat. Yang penting pas makan saya gak sedih. Dan akhirnya ya ke badan lagi, tambah gendut, tambah jelek, tambah butek. Iya, saya emang emotional eater. Tapi ini berbanding terbalik sama biasanya. Entah kenapa..

Namanya mulut ya, namanya juga manusia, kalo ngomong mah enak aja gitu. Wong tinggal ngomong aja kok. Masalah efeknya nanti, destruktif untuk orang lain atau gak. Iya, saya juga gitu kok. Manusiawi. Apalagi kalo lagi marah dan emosi tinggi. Ngomong aja dulu, mikirnya belakangan. Dan untuk orang-orang yang suka mencela keburukan orang lain, kalian kqn gak tau apa yang mereka alamin dan apa yang mereka perjuangin. Jadi jangan asal ngecap aja. Lidah memang tak bertulang; tqpi seperti kata Budha, lidah itu tajam dan bisa membunuh tanpa menumpahkan darah.




Yes, I'm still struggling with all the hatred inside me, especially my selfhatred. Yes, I hate myself. And I often blaming myself for what happened in my life. It's negative thought, I know. It's not like I'm doing nothing, I'm still trying to make peace with all the feelings and finally, let them go..


Just like every other person (and girls) in this world, I want to be happy (and pretty)...



Gambar di atas, kecuali gambar saya, adalah hasil gugling, dan saya udah gak inget sumbernya dari mana.

No comments:

Post a Comment