Tuesday, March 13, 2012

Arisan dan Workshop Fotografi

 Foto hasil workshop


Siapa bilang untuk mengambil gambar foto yang bagus itu harus punya kamera canggih dan mahal?
 
Hari Sabtu tanggal 11 Februari 2012 kemarin, Ngerumpidotcom ngadain arisan bulanan yang temanya seru banget, fotografi, bersama mbak Marissa Tunjungsari dan Pentax. Topiknya sederhana, tapi menurut saya materinya penting dan seru banget. Materinya berguna banget terutama buat kita yang mau ngambil gambar dan menggunakan kamera dengan baik dan benar.  Peserta yang datang dihimbau untuk membawa kamera. Kamera saku, HP, DSLR, intinya sih yang penting membawa alat yang bisa dipake untuk latihan memotret. Pengisi materinya adalah salah satu fotografer dan pengajar favorit saya lho. Karena selain foto-foto jepretan mbak Sasha ini keren-keren, beliau juga mengajarkan untuk bisa memotret menggunakan kamera apa aja. Apa aja di sini sih maksudnya kamera yang nempel di hape, tablet, atau kamera saku, gak harus kamera-kamera berlensa panjang kaya fotografer profesional ituh.


Siapa bilang untuk mengambil gambar yang bagus harus pake alat yang super canggih? Semua sih tergantung teknik yang tepat. Punya kamera canggih dan mahal macam DSLR tapi kalau gak bisa makenya, ya percuma juga sih. Sayang duitnya. Mending maksimalkan alat yang dimiliki dengan belajar teknik yang benar.  *sok tau* Namanya juga belajar, manfaatkan aja apa yang dipunya. Lagian kamera saku sekarang udah canggih-canggih kok fitur dan menunya. Dan siapa aja selain saya, yang punya kamera tapi gak ngerti makenya? Cuman asal njepret aja gitu? Dan ternyata (perasaan saya) banyak banget yang agak bingung pas dijelasin sampai ke bahasa teknis soal diafragma, shutter, apperture, dan lainnya. *eh, atau itu saya aja yang bingung ya?* -___-

 Kamera saku saya, Panasonic Lumix FP8

Saya aja kemaren cuma bawa kamera saku, dan selama ini berusaha menggunakan kamera saku itu sesering mungkin. Berusaha latihan untuk mengambil gambar. Entah hasilnya bagus atau engga, saya gak tau. Dan sejujurnya, saya bingung banget kalo harus ngambil foto dengan objek manusia, jadi biasanya saya latihan dengan mengambil objek favorit saya, makanan. :)) Dan berusaha posting fotonya ke blog posterous saya yang isinya makanan itu sih. Yaaa, walaupun postingannya sering banget nyangkut sampe di draft doang. :| Tapi ada beberapa yang udah diaplot di sana, bisa coba maen ke Food Diary saya lho. Mungkin nanti malah akan saya seting autopost ke sini. :D

Setelah diterangkan materi soal fotografi dasar, lalu kita dikasih waktu buat nyobain studio mini yang dibuat mbak Sasha. Sambil coffee break dan cemil-cemil centil gituuu.. Eh makanannya banyak dan enak-enak lho. Saya paling suka makan risoles mayonaisenya itu. #lospokus Ehiya, balik lagi.. Di studio mini itu kita disuruh memotret objek (waktu itu pake kembang sepatu) sambil  praktekkin aperture pada kamera. (gugling sendiri arti aperture ya? Ya ya ya? xDD)

 Foto bersama mbak sasha, simbok venus, dan para pemenang

Dan ternyataaaa, praktek foto itu ada hadiahnya. Pas mau dilihat di kamera masing-masing, saya malah belum sempat memotret. Karena banyak yang pake, jadi saya nungguin. Tapi begitu nemu makanan malah jadi lupa, sibuk mengunyah. :)) Untung dikasih waktu beberapa menit buat ambil foto, jadi saya langsung buru-buru ambil foto di studio mini ituh. Setelah saya kasih liat hasilnya ke mbak Sasha, ternyata dooong, foto saya dipilih jadi salah satu pemenang. Hihihi Hadiahnya ada buku Antologi Orange dan vocer belanja. Wuih.. Saya girang banget dong. Secara selama ini kalo ikutan kuis-kuis ato kompetisi  saya jaraaaang banget berhasil mendapatkan hadiahnya.  >____<

Yang jelas, saya seneeeng banget. Selain pas acaranya rame banget dan bisa ketemu temen-temen, saya juga dapat ilmu. Dan yang paling penting lagi, saya dapat hadiah vocer dan buku! :D Ohiya, ini postingan saya setelah sekian lamanya gak posting. Ide dan tulisan ada, tapi cuma mampir di draft. Semoga setelah ini bisa lebih rajin lagi ya! :)

-Lembayung

2 comments:

  1. Poto mu bagus beb... aku juga mau post ini dan lupa :| mana pas disuruh livetwit materi nya ndak twitable dan ndak quoteable gitu... *mewek*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus yang kemaren twitmu itu ndak sempet disave pooo? Tapi masih ada di TL Ngerumpi kan.. :D

      Ini postingan udah kubuat dari bulan kemaren, tapi lupa mau aku post di Ngerumpi. :))

      Delete