Wednesday, January 13, 2016

Nasi Goreng Ikan Teri Asin Bumbu Kebuli




Hari ini ceritanya iseng eksperimen. Berawal dari lapar sih, apalagi kan ya? x))

Sekarang status udah berubah, udah punya seseorang yang harus diurus dengan baik, dan punya kelinci percobaan. Like I said before on my path that a good thing about having a husband is now I'm having my own guinea pig to taste my food. Yaaa, kalo misalnya dia gak mau ya gak papa, namanya juga proses pembelajaran, sekalian kan bisa tau apa yang dia suka dan enggak.

Kenapa bumbu kebuli? Ceritanya dimulai dari beberapa hari yang lalu inventaris bumbunya mamah mertua, terus ternyata beliau punya bumbu bubuk kering untuk bikin gule dan rendang, daaan kepikiran lah untuk bikin nasgor bumbu kebuli. Beliau biasanya nyetok macam-macam bumbu yang udah digiling, karena mungkin waktunya sempit dan harus tetep masak dan kerja, jadi ya emang praktis banget sih. Kalo saya kan suka gak bisa bedain bumbu yang udah halus Cuma dari baunya aja, jadi biar gak salah, sekalian ngecek bareng.

Sebenernya sih saya gak tau-tau amat bumbu kebuli gimana, Cuma saya cium bumbu racikan keringnya, wanginya mirip lah sama bumbu kebuli. Hahaha Masalahnya, saya lagi belom nyetok bahan dan bumbu-bumbu lainnya. Di kulkas adanya telor dan ikan teri asin doang, jadi ya percobaannya pake itu aja.

Saya gak jago masak, bisa masak seadanya untuk bertahan hidup. Metode masak masih acakadut, tapi setidaknya bisa dimakan sih. Dan.. Selama ini pengen posting resep tapi suka gak pede, jadi mulai sekarang cuek aja lah yaa. Dan bikin nasi goreng kan gampang, jadi harusnya ini mudah untuk diikuti. :D



Nasi Goreng Ikan Teri Asin Bumbu Kebuli

Bahan:
  1. Ikan teri asin beberapa ekor, gunting kecil-kecil. (Gambar menyusul)
  2. Telor 3 butir (2 butir untuk dadar, 1 butir untuk campuran)
  3. Nasi secukupnya (saya bikin untuk dua porsi)
  4. Bawang putih giling 1 sdt
  5. Cabe giling (bisa diganti sambel, cabe rawit, atau gak usah pake kalo gk suka pedes)
  6. Minyak goreng 5 sdm
  7. Garam
  8. Lada
  9. Bumbu gulai kering (berbentuk bubuk, tanya aja sama penjual bumbu di pasar) 2 sdm


Cara membuat:
  1. Dadar dua butir telur, sisihkan.
  2. Tuang minyak ke dalam wajan dan goreng ikan asin sebentar.
  3. Masukkan bawang putih, kemudian cabe giling, tumis sampai tercampur dengan ikan asin
  4. Masukkan telur di sisi agak samping wajan, kemudian orak-arik sampai matang, baru campur dengan ikan asin yang tadi sudah dicampur bumbu.
  5. Masukkan garam dan lada secukupnya, sedikit aja dulu aja biar gak keasinan.
  6. Masukkan nasi dan goreng sampai bercampur rata dengan bumbu.
  7. Taburi bumbu gulai kering 1 sdm di atas nasi, aduk sampai rata. Kalau masih kurang, taburi sedikit lagi. Aduk sampai merata.
  8. Jangan lupa dicobain, kurang asin kah, atau kurang apa gitu. Kalo mau tambah kaldu ayam kering juga boleh, sesuai selera kalian aja gimana.
  9. Sajikan dengan telur dadar di atasnya.

Nasi goreng siap dihidangkan. Dan kalo saya bikin nasi goreng, biasanya sih gak pake kecap. Nasi goreng ala cina yang warnanya putih, kuning, atau merah. Kalaupun hitam gelap, biasanya karena bumbu yang bukan kecap. Hehe


Selamat mencoba! 
Kalo sukses, jangan lupa kasih tau saya yaa..

No comments:

Post a Comment