Sunday, August 21, 2016

Jenius BTPN in Your Smartphone, Life Finance at Your Hand





Minggu yang lalu mungkin kamu sempat liat saya ngetwit pake hestek #HiJenius ya? Iya, pas hari Kamis 11 Agustus 2016 di Hotel Four Seasons kemaren adalah acara peluncuran Jenius. Di mulai dari siang hari dengan serangkaian acara peluncuran dan press conference, kemudian ditutup dengan pesta perayaannya yang seru abis pada malam harinya, ada DJ Hogi dan DJ Dipha Barus yang memeriahkan suasana.

Ada yang mungkin udah baca-baca juga twit saya mengenai si Jenius ini. Yang belum sempat? Siniii, saya akan cerita lagi soal gimana pengalaman saya pakai aplikasi Jenius ini kemarin ini.

Pertama, Jenius itu apa? Jenius adalah aplikasi perbankan terbaru yang dikeluarkan oleh Bank BTPN untuk membantu mengatur keuangan kamu. Kalo aplikasi perbankan, berarti harus buka rekening dulu di bank yang bersangkutan dong? GAK PERLUUU!



Eh, gak perlu gimana maksudnya? Iya, kamu gak perlu repot-repot isi formulir yang berlembar-lembar itu untuk bisa pake aplikasi Jenius. Big yay for me! Kenapa? Soalnya saya paling males ngisi formulir dan males urusan sama birokrasi. Tapi ya gimana dong, memang ada hal-hal yang butuh melalui proses birokrasi, kan? Berurusan sama bank, misalnya. Harus antre untuk melakukan transaksi, belum lagi kerepotan kalo hilang, terblokir, atau tertelan itu kartu ATM. Apalagi macam saya yang clumsy, kartu ATM suka keblokir karena lupa PIN. Jadi yaaa.. mau gak mau deh.


BUNNY!!

Dikasih bantal pizza. Nyam!

Naaah, setelah saya mengenal aplikasi Jenius ini nih, saya seneng banget karena kaya punya asisten yang membantu mengatur Life Finance saya dengan cara yang cerdas, mudah, dan aman. Fiturnya keren-keren. Selain memiliki fitur dasar layaknya aplikasi internet atau mobile banking, Jenius ini juga memiliki beberapa fitur unik yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Di luar negeri sih saya gak tau ya, tapi kalo di sini sih saya liat belum ada.

Gratis 2 bulan trial lhoo..


CARA DAFTAR
Untuk punya akun atau rekening Jenius ini mudah banget. Aplikasinya bisa langsung kamu unduh di Apple Store atau Google Play, lalu kamu tinggal daftar aja layaknya kamu daftar akun media sosial. Simpel.

Tinggal unduh aja!


Yang kamu butuhkan adalah:
1. Koneksi internet yang stabil, bisa WIFI atau 4G. Kalo koneksi kamu lagi lamban, lebih baik ditunda dulu aja ya.
2. KTP dan NPWP. Karena ini produk bank, biar gimana pun identitas yang valid sangat diperlukan.
3. Tanda tangan kamu di selembar kertas putih.
4. Proses pembuatan akun membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan tidak boleh lebih dari 45 menit. Kalau seandainya proses pendaftaran terputus (bisa karena jaringan kamu kurang bagus), kamu baru akan bisa melakukan kembali prosesnya setelah menunggu 10 menit dengan email yang sama atau bisa langsung mencoba dengan email yang lain

Bermodalkan 4 hal di atas aja udah cukup banget. Nanti kamu akan diminta memotret KTP, NPWP, tanda tangan, plus selfie sama KTP kamu. Waktu yang diperlukan juga cukup singkat, kira-kira prosesnya membutuhkan waktu 10 menit, yang penting koneksi internet kamu stabil.
Oh iya, siapin nama yang unik untuk menjadi identitas unik Jenius kamu yaa!

Dua hal yang perlu kamu ingat, yang bisa dilakukan setelah pembukaan akun Jenius adalah:
  • SEBELUM AKTIVASI AKUN. Kamu hanya bisa melakukan top up dan menerima pengiriman uang.
  • AKTIVASI AKUN. Setelah kamu berhasil membuka akun, Jenius Crew akan menghubungi untuk janjian pengantaran kartu debitmu. Setelah kamu menerima kartu debit, baru deh akun kamu akan segera diaktivasi. Email notifikasi bahwa akun kamu telah aktif akan dikirim via email, setelah itu kamu mulai bisa melakukan transaksi. Say Hi to Jenius!

Get Jenius now?


FITUR JENIUS

For a simpler life
Send It
Mengirim uang secara langsung tanpa perlu nomor rekening ke siapa pun yang ada di kontak. Bisa dengan menggunakan nomor HP, email, akun bank (nomor rekening), atau pun $Cashtag tanpa memerlukan akun Jenius. Yay! Ada banyak pilihan tanpa harus ngapalin nomor rekening.

Pay Me
Meminta uang ke siapa saja di daftar kontak HP. Ini berguna banget buat minta duit jajan duit belanja ke suami, buat nagih pembayaran macam sista-sista olshop, atau nagih utang. 

$Cashtag
Penggantinya nomor rekening untuk setiap aktivitas transaksi kamu. Inget waktu tadi saya bilang siapin nama unik? Itu maksudnya untuk $Cashtag kamu, bisa nama asli atau pun nama yang biasa kamu pakai untuk media sosial kamu.

One Touch
Mengakses semua menu dan transaksi dalam akun yang ada dalam smartphone cuma dengan sentuhan jari-jari kamu ajaaa.


Smarter Finance
Dream saver
Membuat simpanan dengan jumlah dan jangka waktu yang dapat diatur sesuai keinginan kamu.
Misalnya, kamu mau nabung untuk beli kamera, tinggal unggah fotonya dan masukkan nominal harganya, terus nanti tinggal kamu atur jangka waktu dan jumlah yang mau kamu tabung perharinya.

Card Center
Block/unblock kartu dengan mudah, langsung dari smartphone tanpa perlu menghubungi call center.

Split Bill
Untuk berbagai bon atau pembayaran sama teman-teman secara otomatis. Berguna banget kalo lagi patungan atau pas pembayaran ketika jalan rame-rame.


Ditagih pake fitur Pay Me nih!


Fitur paling keren menurut saya adalah $Cashtag! Soalnya bikin transaksi jadi mudah. Gak perlu repot-repot ngapalin nomor rekening, tinggal apalin aja $Cashtag orangnya. Beres!

Fitur lainnya adalah kartu yang diberikan ternyata ada dua jenis kartu, kartu fisik (VISA) dan kartu elektronik. Bedanya apa? Kartu fisik sih standar ya, fungsinya sama kaya kartu ATM pada umumnya. Kalau kartu elektronik ini beberapa fungsinya bisa menggantikan kartu kredit. Jadi kaya kartu kredit pra bayar gitu. Kamu isi saldo dengan nominal sekian dan bisa kamu pakai untuk belanja di marketplace, langganan aplikasi di smartphone kamu, atau untuk pengganti kartu kredit di akun aplikasi taksi atau ojek online kamu. Saya sih kemaren ngetes buat langganan Smule selama satu tahun. Hihi Menurut saya sejauh ini sih, kalo untuk belanja-belanja lebih aman dari kartu kredit karena nominalnya terbatas.


Nyoba langganan smule pake kartu Jenius! \o/


Oh iya, sekalian nih.. Kalo kamu perlu bantuin untuk membuka akun Jenius, silakan email ke jenius-help@btpn.com atau LINE: @jeniushelp aja, nanti akan ada Tim Jenius yang akan senang hati membantu kamu. Kalo ada pertanyaan lainnya, gak usah ragu untuk menghubungi Jenius Help di 1500365

Terus.. 
karena aplikasi ini masih baru, kalo kamu nemu bugs atau ada masukan langsung laporin aja ke twitter @JeniusConnect atau komen di store apps kamu. Kalo mau baca-baca lebih detail, silakan langsung ke website Jenius ya!


Nah, gampang banget kan caranya? Saya udah onboard, kalo kamu? Ceritain pengalaman kamu dooong.. ;)







Update:
Sekarang Jenius bisa referral ke teman, kalau kamu pakai cashtag saya $AjengLembayung, kamu bisa dapat IDR 50,000 lho! Lumayan banget kan?

8 comments:

  1. Untuk E-Card misal saldo 500 dan kita beli barang online dengan harga 2juta apakah bisa atau harus kita tambah 1,5juta lagi ?

    ReplyDelete
  2. Kalo saldo kurang gak bisa, kak. Jadi memang harus ditambah dulu saldonya. Secara konsep dia memang seperti electric money, belanja yang kita lakukan hanya sebatas saldo yg kita pop-up. Bedanya, bentuk kartu (fisik maupun e-card) lebih seperti kartu kredit daripada kartu debit. Dia ada nomor kartu, tanggal expired kartu, dan ada 3 digit cvv, jadi penggunaannya bisa menggantikan fungsi kartu kredit. Walaupun itu tadi ya, pemakaian sesuai saldo yg ada.

    ReplyDelete
  3. Cara aktivasi e-cardnya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anonymous, tinggal ke CARD CENTER terus klik E-CARD nanti ada petunjuk untuk aktifkan E-card, kalau gak salah dengan memasukkan password ya.

      Delete
  4. Akun di hp satu keblokir entah saya lupa masukin password atau salah pencet pin. Gmn cara unblock aplikasinya di hp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lupa password masih bisa direset melalui forgot password, tapi kalau keblokir sih kayaknya langsung coba hubungi call center atau line @jeniushelp, kak! Biar pihak BTPN yang langsung menangani masalahnya. Semoga masalahnya cepat beres yaa..

      Delete
  5. Mas saya mau tanya dong saya daftar jenius dan sudah aktivasi m-card. Tapi untuk e-card nya belum muncul bagaimana cara mendapatkan akses ke e-card nya untuk dk aktivasi? Soalnya akun di smartphone saya belum di aktivasi juga.

    Send jawaban nya mas sesuai pengalaman ke email saya mrizki1995@gmail.com trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kak. Kalo masalahnya teknis seperti itu kakak langsung menghubungi Call Center Jenius Help di 1500365 atau ke akun line @jeniushelp aja. Saya gak bisa bantu karena saya bukan petugas Jenius, masalah kakak itu terkait dengan akun kakak jadi baiknya langsung ditangani oleh pihak Jenius.

      Semoga masalahnya cepat tertangani ya!

      Delete