Thursday, August 17, 2017

Gelaran Pasar Nusantara dan Fashiontastic 2017 di Pondok Indah Mall


Menyambut hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Pondok Indah Mall (PIM) mengadakan gelaran Pasar Nusantara. Acaranya sendiri berlangsung pada tanggal 10-20 Agustus 2017 dan tersebar di seluruh bagian PIM. Tanggal 10 Agustus kemarin, saya dan beberapa teman blogger mendapatkan kesempatan untuk diundang datang menyaksikan pembukaan dari rangkaian Pasar Nusantara. Yay!

Mengutip Bapak Eko Dewanto, General Manager PIM yang hadir pada saat konferensi pers menjelang acara pembukaan, "Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Perbedaan suku, ras, agama, bahasa, dan adat istiadat menjadikan Indonesia negara yang sangat majemuk. Perbedaan ini tidak menjadi penghalang bagi keharmonisan, melainkan dapat disatukan dengan tali persaudaraan, persatuan, dan kebersamaan. Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun, PIM mengajak masyarakat melalui Pasar Nusantara untuk merayakan perbedaan dan keberagaman ini dengan terus menjunjung tinggi Pancasilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika".



Pasar Nusantara 2017


Rangkaian acaranya sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu:



Jajanan Nusantara
Pasar Nusantara berlokasi di North Skywalk PIM 1-2 yang berisikan lebih dari 25 macam kuliner nusantara. Diantaranya ada Umah Pete, Empal Gentong, Ketoprak, Pecel Pincuk, Tempe Mendoan, Gudeg Pejompongan, Pempek, Rujak Buah Cingur, Soto Mie, Soto Betawi,  Serabi Notosuman, Cakwe, Sate Padang, Kerak Telor, Kue Ape, Kue Cubit, Kue Pancong, Kue Pukis, Martabak Mini, Leker, Kue Rangi, Tahu Gejrot, Ayam Taliwang, Tahu Bakso, Roa Manado, Soto Bangkong, Es Podeng, Tauge Goreng, Dawet Ireng, Gulali Harum Manis, dan aneka cemilan lainnya. 

Jajanan saya kemarin sih ada jeruk peras pontianak (yang manis dan segar banget!), pempek, siomay salmon, dan leker. Menurut saya, yang layak banget kamu dicoba adalah siomay dan es jeruk peras. ENAK!










Galeri Nusantara

Kalau ini merupakan galeri yang berisi berbagai macam hasil kreasi nusantara, di antaranya adalah batik, wayang, keris, kain nusantara, kerajinan dan kriya nusantara, perlengkapan dan interior khas nusantara, kendaraan dan otomotif nusantara, hijab nusantara, pernikahan nusantara, galeri dan taman nusantara, serta dolanan anak nusantara.

Batik yang ada kebanyakan adalah batik tulis. Kamu juga gak usah takut, sebagian batik tulisnya masih terjangkau kok harganya, yang 200 ribu pun ada! Kalo kamu tertarik sama keris, di sana juga ada pameran keris lho! Ada keris lama dan ada juga keris kreasi baru. Galeri Nusantara ini dapat ditemukan di PIM 1 lantai dasar dan Atrium Street Gallery ya!






Fashiontastic 2017
Kalo Fashiontastic tahun ini bertema 'Ragam Karya Indonesia' yang masuk dalam bagian acara Pasar Nusantara. Kalo saya sih merasa mendapatkan pencerahan banget karena banyak nama yang kurang familiar di telinga saya, tapi saya rasa kalian yang melek fashion pasti lebih familiar dengan sebagian besar nama desainer yang ada. Desainer yang ikut serta nih, ada Ivan Gunawan, Barli Asmara, Mahadevi, Danjyo Hiyoji, Hengki Kawilarang, Musa Widyatmodjo, Zainal Songket, Handy Hartono, Defrico Audy, Rasyid Salim, Pricilla Saputro, Sikie Poernomo, HIJUP, Tiffany Kenana (masih 17 tahun lho!), Dana Druyatna, Irwansyah MEcs, Ariy Arka, Yoyo Prasetyo, DOTSBOX Designers, serta DJOEKIDS by Ayundavira Intan.





Empat foto di atas: Punya Upit 


Karya favorit saya adalah dari Ivan Gunawan yang tampil dengan nuansa hijau dan go green, kemudian ada Danjyo Hiyoji yang bergaya ala jepang dengan geta yang super tebal!, selain itu ada Musa Widyatmodjo yang karyanya bernuansa militer (yang menurut saya) condong ke Jerman masa Nazi. Suka banget! Selain itu, karya yang tema yang pas banget itu dibawakan oleh Damn! I Love Indonesia. Iyalah ya! Memang karya mereka ini sesuai dengan gaya anak muda yang mengusung simbol nasionalisme supaya kita sebagai anak muda, makin cinta sama Indonesia!









Ohiya, puncak acara Pasar Nusantara 2017 ada di tanggal 17 Agustus 2017, tepat di hari kemerdekaan Indonesia. Acaranya ada apa aja? Kalo dari jadwal nih, pada malam hari ini akan dimeriahkan oleh pertunjukan spesial Sendratari Ramayana, Kecak, dan juga gamelan langsung di atas panggung Fashiontastic pada pukul 19.00 WIB. Selain itu, kamu masih punya waktu sekitar 3,5 hari nih untuk datang ke sana menikmati semua rangkaian acaranya. Jangan lewatin ya!


1 comment: